PERTUMBUHAN DAN HASIL EMPAT KULTIVAR PADI SAWAH (Oryza sativa L) PADA TIGA JUMLAH BARIS CARA TANAM LEGOWO

A. Harijanto Soeparman, Agus Nurdin

Sari


Penelitian ini ini bertujuan untuk  mengetahui pengaruh jumlah baris pada cara tanam legowo terhadap pertumbuhan dan hasil empat kultivar padi sawah, serta untuk  mengetahui jumlah baris dan kultivar padi sawah yang paling baik pada cara tanam legowo.

Percobaan dilaksanakan di Desa Ciwaru, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten. Pengujian dilaksankan mulai bulan Februari 2002 sampai dengan bulan Juni 2002.

Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 12 kombinasi perlakuan jumlah baris dan kultivar, terdiri dari A (2 baris legowo, kultivar IR-64), B (2 baris legowo, kultivar Maros),  C (2 baris legowo, kultivar Membramo),  D(2 baris legowo, kultivar Way seputih),   E  (4 baris legowo, kultivar IR-64), F (4 baris legowo, kultivar Maros), G (4 baris legowo, kultivar Membramo), H (4 baris legowo, kultivar Way Seputih), I  (6 baris legowo, kultivar IR-64), J (6 baris legowo, kultivar Maros), K (6 baris legowo, kultivar Membramo), dan  L (6 baris legowo, kultivar Way seputih). Setiap perlakuan diulang sebanyak tiga kali, sehingga seluruhnya terdapat 36 satuan pengujian.

Hasil penelitian menunjukkan (1) Kombinasi perlakuan jumlah baris dan kultivar berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman, jumlah anakan per rumpun, jumlah anakan produktif per rumpun, jumlah gabah total dan gabah isi per malai, hasil gabah kering panen dan gabah kering giling per petak, (2) Gabah  kering panen dan kering giling per petak tertinggi terdapat pada kultivar Way Seputih dengan jumlah baris 4  dan 6., dan (3) untuk kultivar IR-64 hasil tertinggi pada perlakuan  6 baris legowo, kultivar Membramo pada 4 baris serta kultivar Maros dengan 2, 4 dan 6 baris legowo.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Ungaran, 1995. Tanam Padi Jajar Legowo. BPTP Ungaran, Semarang.

IRRI, 2004. Pengelolaan Tanaman Terpadu. Badan Litbang Departemen Pertanian, Jakarta.

Guswono Soepardi, 1983. Sifat dan Ciri Tanah. Gramedia, Jakarta


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.