ANALISIS HASIL PENJUALAN BERSIH PUCUK TEH RAKYAT DI KECAMATAN SUKANAGARA KABUPATEN CIANJUR PROVINSI JAWA BARAT (Kasus Pengelolaan Agribisnis Teh Rakyat)

wachdijono .

Sari


ABSTRACT

 

This study aimed to determine the value of the net sales of tea shoots and feasibility of farming in the district Sukanagara Cianjur Regency, West Java. The method that was used in this experiment was descriptive research with survey approach. The result showed that the value of net sales in the district Sukanagara tea shoots lower than the cost of production and farming folk tea is not feasible. To increase the value of the net sales of tea shoots this people, suggested to additional research in the form of "problem solving", implementing organic farming systems tea and the help of loans or cheap loans to purchase agricultural inputs, especially fertilizers and pesticide.  It is expected to forward the production of tea shoots people can increase and net sales revenue also increased so that the tea farmers in the district of Cianjur Regency Sukanagara get the prosperity.

Keywords : net sales of tea shoots and feasibility of farming

 

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Azzaino, Zulkifli, 1980, “Pengantar Tataniaga Pertanian”, Departemen Ilmu-Ilmu Sosial Ekonomi Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Biro Pusat Statistik, 2001, “Kecamatan Sukanagara Dalam Angka Tahun 2001”, Sukanagara Kabupaten Cianjur

Budiono, 2001, Pengantar Ilmu Ekonomi Mikro, BPFE; Yogyakarta

Dajan, A. 1995. Pengantar Metode Statistik. LP3ES. Jakarta

Kantor Proyek Pengembangan Budidaya Perkebunan Rakyat (PPBPR), 2001, “Laporan Realisasi Penanaman The Rakyat Tahun 1996-2001 di Kecamatan Sukanagara Kabupaten Cianjur”, Sukanagara – Cianjur.

Kurnia, Nia, 1997, “Strategi Wanita Pemetik The Dalam Aktivitas Ekonomi Keluarga”, Skripsi Fakultas Sastra Universitas Gajahmada, Yogyakarta.

Kuswara, Edy, 2001, “Laporan Uji Coba Penerapan Sistem Pertanian Organik Melalui SL-PHT (Sekolah Lapang Pengendalian Hama Terpadu) Di Kecamatan Sukanagara”, Sukanagara – Cianjur.

Mubyarto, 1995, Pengantar Ekonomi Pertanian, LP3ES, Jakarta.

Nawawi, Hadari, 1989, Metode Penelitian Bidang Sosial, Gajahmada University Press, Yogyakarta.

Nasir, Muhammad, 1988, Metode Penelitian, Ghalia Indonesia, Jakarta.

Partadiredja, Ace, 1985, Pengantar Ekonomika, BPFE, Yogyakarta.

Radiosunu, 1993, Manajemen Pemasaran (Suatu Pendekatan Analisis) Edisi 2, BPFE, Yogyakarta.

Samsuardi, 2001, “Strategi Pemasaran Jahe Segar Indonesia”, Tesis Konsentrasi Manajemen Pemasaran Program Pascasarjana Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWIJA, Jakarta

Setiawati, Ita dan Nasikun, 1991, Teh (Kajian Sosial-Ekonomi), Aditya Media, Yogyakarta.

Soekartawi, 1989, Prinsip Dasar Manajemen Pemasaran Hasil-Hasil Pertanian (Teori dan Aplikasi), Rajawali Press, Jakarta.

Sudjana, 1984, Metode Statistika, Transito, Bandung.

Supranto, J., 1986, Statistik Teori Dan Aplikasi 2, Erlangga, Jakarta.

Susetyo, Budi, 2001, “Analisis Marjin Dan Efisiensi Pemasaran Jagung Di Kabupaten Semarang”, Tesis Konsentrasi Manajemen Pemasaran Program Pascasarjana Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWIJA, Jakarta

Swastha, Basu, dan Irawan, 1990, Manajemen Pemasaran Modern, Liberty, Yogyakarta.

Swastha, Basu, 1991, Saluran Pemasaran 1 (Konsep Dan Startegi Analisis Kuantitatif), BPFE, Yogyakarta.

Wargiono, J., 1988, “Ubi Jalar Untuk Daerah Transmigrasi” dalam Tumbuh No. 5 Tahun I: 7 Oktober 1988, PT. Gramedia, Jakarta

Wibowo, Singgih, Murdinah dan Yusro Nuri Fawzya, 1999, Pedoman Mengelola Perusahaan Kecil. Penebar Swadaya. Jakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.