Implemetasi Pengungkapan Corporate Social Responsibility pada Perusahaan Sektor Industri Dasar dan Kimia

Edi Hartono

Abstract


Any company whose business activities in a sustainable manner relating to the utilization of natural resources either directly or indirectly required to submit a report of social responsibility more widely in which corporate social responsibility (CSR) is a voluntary activity undertaken by the company as a form of corporate responsibility for internal and external companies in the field of social and environmental. This study aims to analyze implementation corporate social responsibility disclosure The research method used is descriptive statistic method. The sample selection based on Purposive Sampling amounted to 77 companies of basic and chemical industry sectors listed on BEI in 2013-2015. Data analysis in this research using quantitative descriptive analysis. The results of the study indicate that the overwhelming majority paid more attention to the economic aspects that could support the creation of corporate profitability. While viewed from the aspect of the planet or the environment, indicating that the activity and disclosure of environmental indicators is still quite low.

Keywords: CSR disclosure; Triple bottom line theory; Legitimacy theory; Stakeholder theory.


Full Text:

PDF

References


Aini, Agustya Kurratul. 2015. Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR) Pada Perusahaan yang Terdaftar di Indeks LQ 45 Bursa Efek Indonesia (BEI). Vol. 12. No.1

Badjuri, Achmad. 2011. Faktor-Faktor Fundamental, Mekanisme Corporate Governance, Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Perusahaan Manufaktur Sumber Daya Alam di Indonesia. Dinamika Keuangan dan Perbankan, Vol. 3 No. 1

Effendi, Muh. Arief. 2016. The Power of Good Corporate Governance: Teori dan Implementasi. Edisi 2. Salemba Empat: Jakarta Selatan.

Fahmi, Irham. 2015. Analisis Laporan Keuangan. Alfabeta: Bandung.

Fatoni dkk. 2016. Pengaruh Kepemilikan Publik, Return On Equity, Current Ratio, Umur Perusahaan, dan Company Size Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility. Journal of Accounting. Vol. 2 No. 2

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete. Edisi 8. Universitas Diponegoro: Semarang.

Ghozali, Iman dan Anis Chariri. 2007. Teori Akuntansi. Edisi 3. Universitas Diponegoro: Semarang.

Hanafi, Mamduh M. dan Halim. 2016. Analisis Laporan Keuangan. Edisi Ke-lima. UPP STIM YKPN : Yogyakarta.

Harahap, Sofyan Syafri. 2015. Analisis Kritis Atas Laporan Kuangan. Edisi 1. Rajawali Pers : Jakarta.

Husnan, Suad. 2016. Manajemen Keuangan Teori dan Penerapan (Keputusan Jangka Pendek). Buku 2,Edisi Ke-empat. BPFE : Yogyakarta.

Indraswari, Gusti Ayu Dyah dan Ida Bagus Putra Astika. 2014. Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, dan Kepemilikan Saham Publik pada Pengungkapan CSR. E-Jurnal Akuntansi.

Kartini, Dwi. 2013. Corporate Social Responsibility : Transformasi Konsep Suistainability Management dan Implementasi di Indonesia. Refika Aditama: Bandung.

Maulana, Fahry dan Etna Nur Afri Yuyetta. 2014. Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR). Diponegoro of Journal Accounting, Vol. 3 No. 2.

Peraturan Pemerintah (PP) No. 47 Tahun 2012 tentang Tanggungjawab Sosial dan Lingkungan

Peraturan Menteri Sosial RI No. 13 Tahun 2012 tentang Forum Tanggungjawab Dunia Usaha dalam Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial.

Pradyani, I Gusti Agung Arista dan Eka Ardhani Sisdyani. 2015. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage dan Ukuran Dewan Komisaris Pada Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana 11.2.ISSN: 2302-8556.

Purwaningsih, Rina Puji dan Suyanto. 2015. Pengaruh Profitabilitas dan Leverage Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Perusahaan. ISSN 2460-0784.

Rindawati, Meita Wahyu dan Nur Fadjrih Asyik. 2015. Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Leverage, dan Kepemilikan Publik Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR). Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi. Vol 4 No. 6.

Sartono, Agus. 2016. Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Edisi Ke-empat BPFE : Yogyakarta.

Sekaran. Uma. 2014. Research Methodes For Business buku 1. Salemba Empat, Jakarta.

. 2011. Resesarch Methods For Business (Metodologi Penelitian untuk Bisnis). Buku 2, Edisi 4. Salemba Empat: Jakarta Selatan.

Solihin, Ismail. 2015. Corporate Social Responsibility. Salemba Empat: Jakarta.

Sriayu, Gusti Ayu Putu Wiwik dan Ni Putu Sri Harta Mimba. 2013. Pengaruh

Karakteristik Perusahaan Terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure. E-Jurnal Akuntansi. ISSN: 2302-8556.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta, Bandung.

Sulistyowati, W., & Yulianto, A. (2015). Peran Karakteristik Perusahaan dan Mekanisme Corporate Governance terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (pp. 85–98). Badan Penerbit Universitas Muria Kudus. Retrieved from https://www.academia.edu/35768865/Peran_Karakteristik_Perusahaan_dan_Mekanisme_Corporate_Governance_terhadap_Pengungkapn_Corporate_Social_Responsibility

Undang-undang No.40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas

Wardani, Nurul Kusuma dan Indira Januarti. 2013. Penagruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR). Diponegoro Journal of Accounting, Vol. 2 No. 2.

Worotikan, dkk. 2015. Analisa Pengaruh Ukuran Perusahaan, ROA, dan DER Terhadap Pengungkapan Tanggungjawab Sosial Perusahaan (Studi Pada Bank Umum Swasta Nasional Devisa Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2010-2013). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol. 26. No. 2




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jka.v2i1.1299

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Lt. 2 Gedung Universitas Swadaya Gunung Jati Jalan Pemuda No.32, Sunyaragi, Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45132