IMPLEMENTASI SAK ETAP DAN KUALITAS LAPORAN KEUANGAN UMKM TERKAIT AKSES MODAL PERBANKAN

Teti Rahmawati, Oktaviani Rita Puspasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan menganalisis kualitas laporan keuangan UMKM, kesiapan UMKM dalam mengimplementasikan SAK ETAP pada saat penyusunan Laporan Keuangan,dan menilai dampak dari pengimplementasian SAK ETAP ketika UMKM di wilayah kabupaten Kuningan menyusun laporan keuangan.Penelitian ini menggunakan metode explanatory survey yang bersumber pada data primer.Teknik Pengumpulan data melalui kuesioner dan wawancara langsung.UMKM di kabupaten Kuningan belum siap untuk mengimplementasikan SAK ETAP dalam menyusun laporan keuangan karena sebagian besar pelaku usaha belum memahami SAK ETAP.  Ukuran usaha, lama usaha berdiri, pemberian sosialisasi dan pelatihan SAK ETAP, latar belakang pendidikan serta jenjang pendidikan terakhir dari pemilik berpengaruh terhadap persepsi pelaku usaha terkait pentingnya proses akuntansi pada UMKM.  Ukuran usaha, lama usaha berdiri, pemberian informasi dan sosialisasi SAK ETAP, latar belakang dan jenjang pendidikan terakhir pelaku usaha, serta profesionalisme manajemen berpengaruh terhadap pemahaman pelaku UMKM terkait implementasi SAK ETAP. Dampak dari implementasi SAK ETAP memberikan indikasi kuat bahwa kualitas laporan keuangan berpengaruh terhadap besarnya kemudahan akses modal perbankan.

 

Kata Kunci: UMKM; SAK ETAP; Kualitas Laporan Keuangan; Akses Perbankan


References


Alhusain, Achmad Sani. 2014. Analisa Kebijakan Permodalan Dalam Mendukung Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Studi Kasus Provinsi Bali Dan Sulawesi Utara).KajianVol 14 No.4.

Baas, Timo dan Mechthild Schrooten. (2006). Relationship Banking and SMEs: A Theoretical Analysis. Small Business Economic Vol. 27.

Basri, Y.Z and M. Nugroho. 2009. Ekonomi Kerakyatan: Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Jakarta: Penerbit Universitas Trisakti.

Cziraky, D., S. Tisma and A. Pisarovic. 2005. Determinants of the Low SME Loan Approval Rate in Croatia : A Latent Variable Structural Equation Approach. Mimeo Press, Zagreb.

Ghozali, Imam.(2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM. SPSS 19 (edisi kelima.) Semarang: Universitas Diponegoro

Murniati.(2002). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penyiapan dan Penggunaan Informasi Akuntansi pada Pengusaha Kecil dan Menengah di Jawa Tengah. Semarang: Universitas Diponegoro.

Narsa, I Made et al. 2012. Mengungkap Kesiapan UMKM dalam Implementasi SAK ETAP Untuk Meningkatkan Akses Modal Perbankan.Majalah Ekonomi Tahun XXII No 3 2012.

Pinasti, Margani. 2001. Penggunaan Informasi Akuntansi dalam Pengelolaan Usaha Para Pedagang Kecil di Pasar Tradisional Kabupaten Banyumas.Jurnal Ekonomi, Bisnis, dan Akuntansi No.1 Vol 3.

Probosari, Devi. 2014. Praktik Akuntansi dan Implikasinya Pada Kualitas Informasi (Sebuah Studi Pada UMKM).Skripsi.

Rudiantoro, Rizki dan Sylvia Veronica Siregar. 2011. Kualitas Laporan Keuangan UMKM Serta Prospek Implementasi SAK ETAP. Simposium Nasional Akuntansi XIV.Aceh.

Singarimbun, Masri dan Sofyan Effendi. 1995. Metode Penelitian Survei Edisi Revisi.. Jakarta: Pustaka LP3ES

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV Alfabeta.

Tuti, Rias dan S. Patricia Febrina Dwijayanti. 2014. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemahaman UMKM dalam Menyusunan Laporan Keuangan Berdasarkan SAK ETAP. The 7th NCFB and Doctoral Colloquium 2014”Towards New Indonesia Business Architecture Sub Tema: “Business And Economic Transformation Towards AEC 2015”Fakultas Bisnis dan Pascasarjana UKWMS.

Warren.,et.al, 2014. Pengantar Akuntansi (Adaptasi Indonesia) Edisi 25. Salemba Empat. Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jka.v1i1.510

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Lt. 2 Gedung Universitas Swadaya Gunung Jati Jalan Pemuda No.32, Sunyaragi, Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45132