PENGEMBANGAN PERANGKAT PENDIDIKAN DAN LATIHAN (DIKLAT) KREATIVITAS UNTUK SISWA KELAS X SMA/SMK/MA SE-KOTA CIREBON

Siti Aisyah

Sari


Artikel ini berjudul “Pengembangan Perangkat Pendidikan dan Latihan (Diklat) kreativitas Untuk Siswa Kelas X Se-Kota Cirebon”. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perangkat pendidikan dan pelatihan (diklat) kreativitas yang baik dan mengetahui peran penyelenggaraan diklat kreativitas dalam perkembangan kreativitas peserta didik kelas XI SMA/MA/SMK di Kota Cirebon. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4-D (Four D Models). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA/MA/SMK di Kota Cirebon. Ada 80 Siswa sebagai sampel yang diambil secara acak. Data dikumpulkan melalui lembar perangkat diklat dan lembar angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa; pertama, perangkat pendidikan dan pelatihan (diklat) kreativitas yang baik untuk peserta didik SMA/SMK/MA kelas XI di Kota Cirebon adalah perangkat yang memiliki penyajian isi yang dapat dipahami dengan mudah serta mampu menyajikan wawasan baru bagi siswa, pengorganisasian materi dan mini poster yang proporsional dengan bentuk dan huruf yang ditampilkan, serta perlunya penyajian gambar dan ilustrasi pendukung terhadap materi yang ada. Kedua, penyelenggaraan diklat kreativitas dapat membantu perkembangan kreativitas peserta didik kelas XI SMA/MA/SMK di Kota Cirebon.
Kata kunci: Pelatihan kreatifitas, Perangkat pendidikan, Perangkat diklat


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.