Efektivitas Metode Penemuan Dalam Pembelajaran Teks Puisi

Komarudin Komarudin

Sari


Pembelajaran menulis teks puisi seringkali dihadapkan pada berbagai kendala seperti kemampuan dan minat siswa yang rendah untuk memunculkan ide, gagasan dan inspirasi dalam teks puisi. Guru harus mampu  memberikan stimulus dalam meyikapi permasalahan di atas, salah satu solusinya dengan menerapkan sebuah model pembelajaran yang cocok agar minat siswa dalam kegiatan menulis teks puisi dapat tumbuh. Salah satu model pembelajaran yang tepat dalam kegiatan menulis teks puisi dengan menerapkan metode penemuan. Metode penemuan memanfaatkan aktivitas yang kognitif menuntut guru kreatif menciptakan situasi membuat siswa belajar secara aktif menemukan pengetahuan sendiri dalam menulis teks puisi. Langkah-langkah metode penemuan, pembelajaran akan berpusat pada siswa dimana siswa akan secara aktif menggali pengetahuan secara mandiri hingga siswa menyelesaikan kegiatan menulis teks puisi. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Plumbon Cirebon. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain Non equivalent Control Group Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perubahan nilai rata-rata siswa kelas eksperimen pada tes awal (49,40) dan mengalami kenaikan setelah menggunakan metode penemuan pada tes akhir dengan nilai rata-rata 75,84. Penggunaan metode penemuan dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, karena dalam proses pembelajaran menulis teks puisi hasil belajar siswa meningkat dan siswa menjadi lebih kreatif.

Kata Kunci      : kognitif, metode penemuan, teks puisi.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abidin, Y. (2014). Desain sistem pembelajaran dalam konteks kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.

Arikunto, S. (1992). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Rineka cipta.

Darmadi, H. (2017). Pengembangan model dan metode pembelajaran dalam dinamika belajar siswa. Yogyakarta: Deepublish.

Heriawan, A. (2012). Metodologi Pembelajaran Kajian Teoritis Praktis Model, pendekatan, Strategi, Metode, dan Teknik Pembelajaran. Banten: LP3G (lembaga Pembinaan dan pengembangan Profesi Guru). Banten.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21: Kunci sukses implementasi kurikulum 2013. Bogor: Ghalia Indonesia.

Indriyana, H. (2015). Seni menulis puisi. Gambang Bukubudaya.

Mulyatiningsih, E. (2012). Metode penelitian terapan bidang pendidikan. Bandung: Bandung: Alfabeta.

Rozak, A., & Rasyad, S. (2015). Pembelajaran Sastra Berbasis Teks. Repository FKIP Unswagati. Yogyakarta: Framepublishing.

Shobirin, M. (2016). Konsep dan implementasi kurikulum 2013 di sekolah dasar. Yogyakarta: Deepublish.

Sugiyono, M. P. P. (2016). Pendekatan Kuantitatif. Kualitatif, Dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Yuliana, V., Achmad, A.. Marpaung, R.R.T (2013). Pengaruh Metode Guided Discovery Terhadap Aktivitas Belajar dan Penguasaan Materi Oleh Siswa. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 1(6). 2013.

Wicaksono, A., & Roza, A. S. (2015). Teori Pembelajaran Bahasa: Suatu Catatan Singkat. Yogyakarta: Penerbit Garudhawaca


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.