Perbandingan Pengukuran Luas Area Antara Theodolit Dan Global Positioning System

Awliya Tribhuwana

Sari


Pengukuran luas area merupakan jumlah luasan bidang horisontal yang dikelilingi oleh garis-garis batas, garis batas merupakan bidang poligon yang dilakukaun dengan pengukuran dilapangan, pengukuran luas area merupakan salah satu informasi hasil pengukuran lapangan yang dibutuhkan dalam perencanaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengukuran luas dengan menggunakan theodolit dan GPS, serta untuk menganalisis faktor-faktor faktor-faktor yang mempengaruhi pengukuran poligon. Penelitian dilaksanakan di Majasem Kota Cirebon pada Bulan Maret 2018. Alat yang digunakan dalam pengukuran luas area adalah Theodolite dan GPS. Hasil pengukuran lapangan dianalisis data pengukuran thoedolit dan GPS sehingga mendapatkan hasil koordinat theodolit dan koordinat GPS. Untuk menentukan besaran luasan area dalam penelitian ini digunakan metode koordinat.Penelitian ini membandingkan hasil pengukuran theodolit dan GPS yang dilakukan di Perumahan Majasem Cirebon, dari hasil pengolahan data dihasilkan perbandingan luas pengukuran theodolit 2129,65,m2 dan GPS 2132,500 m2. Selisih luas antara pengukuran theodolit dan GPS adalah 2,848 m2. Faktor penentu terjadinya selisih disebabkan oleh setting theodolit sangat berpengaruh pada pengolahan data, pada saat membidik maupun pada saat pengukuran jarak langsung, keadaan cuaca agar memberikan efek pencahayaan pada theodolit.

 Kata Kunci : Area, Azimuth, Koordinat, Theodolit, GPS.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Brinker, R. C., Wolf, P. R., Elfick, M., & Fryer, J. G. (1984). Elementary surveying. Harper & Row New York.

Frick, H. (1979). Ilmu dan alat ukur Tanah. Kanisius.

Rianandra, R., Arsali, A., & Bama, A. A. (2015). Studi Perbandingan Penentuan Posisi Geografis Berdasarkan Pengukuran dengan GPS (Global Positioning System), Peta Google Earth, dan Navigasi. Net. Jurnal Penelitian Sains, 17(2).

Santoso, K. I., & Rais, M. N. (2015). Implementasi Sistem Informasi Geografis Daerah Pariwisata Kabupaten Temanggung Berbasis Android dengan Global Positioning System (GPS). Scientific Journal of Informatics, 2(1), 29–40.

Suhendra, A. (2011). Studi Perbandingan Hasil Pengukuran Alat Teodolit Digital dan Manual: Studi Kasus Pemetaan Situasi Kampus Kijang. ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications, 2(2), 1013–1022.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.