Kajian Optimasi Pengoperasian Waduk Malahayu

Ohan Farhan

Sari


Waduk Malahayu merupakan salah satu waduk buatan yang berada pada daerah aliran sungai Kabuyutan bagian hulu. Sejak Waduk Malahayu dioperasikan pada tahun 1940 sampai sekarang, Waduk Malahayu direncanakan  dapat menampung air 69 juta m³ dengan luas muka air 9,25 km², tujuan di bangunnya waduk malahayu ini untuk menyuplai areal irigasi sebesar 12,674 Ha dengan rincian DI Kabuyutan 4.166 Ha, DI Jengkelok 6.173 Ha, DI Babakan 2.335 Ha. Kondisi persediaan air di Waduk Malahayu terus menyusut yang diduga akibat adanya sedimen yang cukup tinggi.Untuk meningkatkan kinerja  Waduk Malahayu, diperlukan data pendukung berupa: system dan kinerja operasional waduk, data hidrologi, prosedur dan pembuatan pola pengoperasian waduk, dan data irigasi.Berdasarkan hasil analisis menunjukan bahwa pengoperasian Waduk Malahayu kurang optimal karena berdasarkan hasil analisis simulasi operasi waduk menunjukan bahwa volume air Waduk Malahayu dibawah volume normal. Minimum Operating Level (MOL). Berdasarkan catatan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk-Cisanggarung, Sejak Waduk Malahayu dibangun pada jaman Pemerintahan Kolonial Belanda sampai sekarang, kondisi persediaan air di Waduk Malahayu terus menyusut.

Kata Kunci      : Operasi, Optimasi, Simulasi, Waduk.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anonim. 1986. “Standar Perencanaan Irigasi (KP-01), Direktorat Jendral Pengairan DPU RI”. Bandung : Galaxy Persada.

Djafar, H., Limantara, L. M., & Asmaranto, R. (2015). Studi Analisa Kebutuhan Jumlah Stasiun Hujan Berdasarkan Evaluasi Perbandingan Antara Analisa Hidrograf Banjir Dan Banjir Historis Pada Das Limboto Provinsi Gorontalo. Jurnal Teknik Pengairan, 5(2), 172–181.

Sutapa, I. W. (2005). Kajian Hidrograf Satuan Sintetik Nakayasu Untuk Perhitungan Debit Banjir Rancangan di Daerah Aliran Sungai Kodina. Mektrik, 7(1).

Departemen Permukiman dan Prasarana Wilayah. 2004. Pedoman Pengoperasian Waduk Tunggal

Linsley, R.K dan Joseph B. Franzini, 1984. Teknik Sumber Daya Air. Diterjemahkan oleh Djoko Sasongko. Jakarta : Erlangga.

Yuono, T. (2012). Evaluasi Kinerja Sistem Irigasi Waduk Cengklik. Teknik Sipil Dan Arsitektur, 12(16).


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.